beli barang di Amazone.com

Sabtu, 13 Agustus 2011

Jenis Penelitian part II


Menurut Sugiyono (2003:4-14) terdapat beberapa jenis penelitian, antara lain adalah:
a.    Penelitian menurut tujuan.
Jenis-jenis penelitian menurut tujuan antara lain murni dan terapan. Penelitian murni adalah penelitian yang bertujuan menemukan pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah diketahui, sedangkan penelitian terapan adalah penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah kehidupan praktis.
b.   Penelitian menurut metode.
Penelitian menurut metodenya, dapat dikelompokkan menjadi metode penelitian survey, eksperimen, penelitian tindakan (action research) evaluasi dan sejarah.
c.    Penelitian menurut tingkat ekplanasinya.
Tingkat explanasi (level of explanation) merupakan tingkat penjelasan. Jadi penelitian menurut tingkat explanasi adalah penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu veriabel dengan variabel yang lain.

Berdasarkan hal ini, penelitian dapat dikelompokkan menjadi:
1)      Penelitian deskriptif
Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel yang lain.
2)      Penelitian komparatif
Penelitian komparatif adalah penelitian yang bersifat membandingkan.
3)      Penelitian asosiatif
Penelitian asosiatif adalah penelitian yang betujuan untuk meneliti pengaruh dan hubungan antara dua variabel atau lebih.
d.   Penelitian menurut jenis data dan analisis.
Jenis-jenis penelitian menurut jenis data dan analisisnya adalah: Penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu data yang berbentuk kata, kalimat, skema dan gambar, sedangkan penelitian kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan (scoring).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wes wong piro