beli barang di Amazone.com

Sabtu, 13 Agustus 2011

Jenis Penelitian

 Menurut Sumadi Suryobaroto (1997:15) membagi jenis metode penelitian itu menjadi 9 kategori yang didasarkan atas sifat-sifat masalahnya:
1.      Penelitian Historis
      Penelitian historis bertujuan membuat rekontruksi masa lampau secara sistematis dan obyektif dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi, serta mensintensiskan bukti-bukti untuk menegakkan fakta dan kesimpulan yang kuat.
2.      Penelitian Deskrptif
      Penelitian deskriptif bertujuan membuat pencandraan (deskripsi) secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu.
3.      Penelitian Perkembangan
      Penelitian perkembangan bertujuan untuk menyelidiki pola dan perurutan pertumbuhan atau perubahan sebagai waktu.
4.      Penelitian Kasus dan Lapangan
      Penelitian kasus dan lapangan bertujuan mempelajari secara intensif latar belakang dan keadaan sekarang (termasuk interaksinya) sesuatu unit sosial.
5.      Penelitian Korelasional
      Penelitian korelasional bertujuan untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada suatu atau lebih faktor lain berdasarkan korelasi.
6.      Penelitian Kausal Komparatif
      Penelitian kausal kompartif bertujuan menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan cara berdasar atas pengamatan terhadap sebab akibat yang ada mencari kembali faktor lain  yang mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu.
7.      Penelitian Eksperimenal Sungguhan
      Penelitian eksperimenal sungguhan bertujuan menyelidiki kemungkinan saling hubungan sebab akibat dengan cara mengenakan satu atau lebih kondisi pelakuan kepada satu atau lebih kelompok eksperimental dan membandingkan hasilnya dengan satu atau lebih kelompok kontrol yang tidak dikenai kondisi pelakuan itu.
8.      Penelitian Eksperimental Semu
      Penelitian eksperimental semu bertujuan untuk memperoleh informasi yang merupakan perkiraan bagi informasi yang diperoleh dengan eksperimen yang sebenarnya dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk mengontrol dan atau memanipulasikan semua variabel yang relevan.
9.      Penelitian Tindakan
      Penelitian tindakan bertujuan mengembangkan ketrampilan-ketrampilan baru atau cara pendekatan baru memecahkan masalah dengan penerapan langsung didunia kerja atau dunia aktual yang lain.
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wes wong piro