beli barang di Amazone.com

Sabtu, 02 Juli 2011

Indikator Minat Belajar

Menurut Safari (2003) ada beberapa indikator minat belajar yaitu sebagai berikut :
1)                  Perasaan Senang
2)                  Ketertarikan Siswa
3)                  Perhatian
4)                  Keterlibatan Siswa

Indikator di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :
1)   Perasaan Senang
Seorang siswa yang memiliki perasaan senang atau suka terhadap pelajaran ekonomi misalnya, maka ia harus terus mempelajari ilmu yang berhubungan dengan ekonomi. Sama sekali tidak ada perasaan terpaksa untuk mempelajari bidang tersebut.
2)   Ketertarikan Siswa
Berhubungan dengan daya gerak yang mendorong siswa untuk cenderung merasa tertarik pada orang, benda, kegiatan, atau bisa berupa pengalaman efektif yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri.
3)   Perhatian Siswa
Perhatian merupakan konsentrasi atau aktifitas jiwa terhadap pengamatan dan pengertian, dengan mengesampingkan yang lain dari pada itu. Siswa yang memiliki minat pada objek tertentu, maka dengan sendirinya akan memperhatikan objek tersebut.
4)   Keterlibatan Siswa
Ketertarikan seseorang akan sesuatu obyek yang mengakibatkan orang tersebut senang dan tertarik untuk melakukan atau mengerjakan kegiatan dari obyek tersebut.

13 komentar:

  1. maaf boleh tau referensinya??? kok safari... boleh sampai lengkap dan lebih jelas judul bukunya??? apakah itu ahli psikologi???... mhon blasnnya soalnya buat referensi skripsi... trims @Achmad

    BalasHapus
  2. itu dari buku nya safari bro tahun 2003,q pernah liat @ecka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ap nma lengkap'a ?

      Hapus
  3. iya...judul lengkap bukunya, penerbit, dan kota nya apa yah..??? kasi jelas dong....butuh banget nih buat referensi...

    BalasHapus
  4. boleh tahu judul bukunya gan?

    BalasHapus
  5. gan, bukunya kok gak da dimana2ya??

    BalasHapus
  6. Ahmad Safari judul bukunya"Kurikulum Berbasis Kompetensi"

    BalasHapus
  7. boleh tau sumber lengkapnya gak?
    judul buku nya apa?

    BalasHapus
  8. ini referensinya dr buku yg judulnya apa ka ? belinya dmn ? makasih

    BalasHapus
  9. gan, minta judul buku sekaligus pengarangnya donk. buat referensi skripsi. thanx

    BalasHapus
  10. aq malah baca katanya ini menurut dinar barokah (2013), bener ga sich

    BalasHapus
  11. minta daftar pustaka yg lgkp dong gan...treimakasih

    BalasHapus

wes wong piro