beli barang di Amazone.com

Sabtu, 13 Agustus 2011

Indikator Prestasi Belajar


Indikator yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam menyatakan bahwa prestasi belajar dapat dinyatakan berhasil apabila memenuhi ketentuan kurikulum yang disempurnakan. Pada dunia pendidikan, pengukuran prestasi belajar sangat diperlukan. Karena dengan diketahui prestasi siswa maka diketahui pula kemampuan dan keberhasilan siswa dalam belajar. Untuk mengetahui prestasi belajar dapat dilakukan dengan cara memberikan penilaian atau evaluasi dengan tujuan supaya siswa mengalami perubahan secara positif.
Menurut Muhibbin Syah (2008 : 141) “Evaluasi adalah penilaian terhadap tingkat keberhasilan siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah progam”. Hal ini dapat dilihat dari sejauh mana perubahan yang telah terjadi melalui kegiatan belajar mengajar. Pengajaran harus mengetahui sejauh mana siswa akan mengerti bahan yang akan diajarkan. Penilaian member informasi tentang hasil pengajaran yang telah disajikan. Pengukuran prestasi belajar tersebut dapat menggunakan suatu alat untuk mengevaluasi yaitu test. Test dipakai untuk menulai hasil belajar siswa dan hasil belajar mengajar dari pendidik.
Menurut Muhibbin Syah (2008 : 142) :
Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dapat dilakukan dengan cara member penilaian atau evaluasi yaitu untuk memeriksa kesesuian antara apa yang diharapkan dan apa yang tercapai, hasil penelitian tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki dan mendekatkan tujuan yang diinginkan

Berdasarkan uraian-uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pengukuran prestasi belajar dapat dilakukan dengan cara memberi penilaian atau evaluasi. Penilaian atau evaluasi yang dilakukan dapat diketahui dengan menggunakan suatu test tertulis atau test lisan yang mencakup semua materi yang diajarkan dalam jangka waktu tertentu. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data dokumentasi  berupa nilai raport pada mata pelajaran ekonomi yang dinyatakan dalam bentuk angka yang diperoleh dari proses belajar selama satu semester. Menurut Permendiknas No. 20 tahun 2006 penilaian raport diperoleh dari  :
1)      Hasil ujian mid semester
2)      Nilai tugas individu dan nilai tugas kelompok
3)      Pekerjaan Rumah (PR)
4)      Nilai keaktifan meliputi nilai keaktifan didalam kelas
5)      Hasil ujian semester.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

wes wong piro