beli barang di Amazone.com

Sabtu, 13 Agustus 2011

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar


Menurut Sumadi Suryabrata (2002 : 233) mengklasifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah :
1)   Faktor yang berasal dari luar diri (eksternal) terdiri dari :.
a)         Faktor non sosial seperti udara, suhu, cuaca, waktu, tempat, alat-alat yang dipakai belajar
b)                      Faktor sosial seperti faktor manusia
2)   Faktor yang berasal dari dalam diri (internal) terdiri dari :.
a)         Faktor Fisiologis seperti jasmani
b)        Faktor psikologis seperti perhatian, pengamatan, tanggapan, fantasi, ingatan, berpikir, dan motif, minat.
Sedangkan menurut Nana Syaodih Sukmadinata (2003 : 162) mengklasifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar sebagai berikut :
1)   Faktor-faktor dari dalam individu
a)         Aspek jasmani mencakup kondisi dan kesehatan jasmani.
b)        Aspek rohaniah menyangkut kondisi psikis, kemampuan intelektual, sosial, psikomotorik serta kondisi afektif dan kognitif dari individu.
c)         Kondisi intelektual menyangkut tingkat kecerdasan, bakat-bakat, baik bakat sekolah maupun bakat pekerjaan.
d)        Kondisi sosial menyangkut hubungan siswa dengan orang lain, baik guru, teman, orang tuanya, maupun orang-orang lainnya.
2)   Faktor-faktor lingkungan
a)         Keluarga, meliputi keadaan rumah dan ruang tempat belajar, sarana dan prasarana belajar yang ada, suasana dalam rumah apakah tenang atau banyak kegaduhan, juga suasana lingkungan disekitar rumah.
b)        Sekolah meliputi lingkungan sekolah, sarana dan prasarana belajar yang ada, sumber-sumber belajar, dan media belajar.
c)         Masyarakat dimana warganya memiliki latar belakang pendidikan yang cukup, terdapat lembaga-lembaga pendidikan dan sumber-sumber belajar di dalamnya akan memberikan pengaruh yang positif terhadap semangat dan perkembangan belajar generasi muda.
Dari pendapat tersebut bahwa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu dari dalam (intern) siswa itu sendiri dan faktor yang berasal dari pengaruh diluar siswa (ekstern). Sehubungan dengan hal tersebut agar siswa dapat memperoleh prestasi belajar yang seoptimal mungkin, maka siswa perlu meningkatkan kecerdasan yang ada dalam dirinya . Demikian pula halnya dengan faktor yang ada di luar diri siswa. Faktor ini dapat mendorong dan menghambat siswa dalam proses belajar. Lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat memberi dukungan siswa di dalam belajar. Di antara ketiga lingkungan tersebut, lingkungan sekolah merupakan lingkungan yang terpenting yang berfungsi sebagai lingkungan kedua yang sangat mendukung dalam mendidik anak atau siswa, setelah lingkungan utama yaitu lingkungan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wes wong piro