beli barang di Amazone.com

Sabtu, 13 Agustus 2011

Sampling

Menurut Arikunto (2006:146) “Sampling adalah cara untuk mengambil sampel”. Sedangkan menurut Sugiyono (2003:91) ”Sampling adalah cara atau teknik yang digunakan untuk menganbil sampel”
            Ada 2 cara untuk pengambilan sampling :
1)      Random sampling
Random sampling adalah teknik pengambilan sampling dimana semua individu dalam populasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel. Cara pengambilan sampel dengan random ada 3 cara :
a).       Cara undian adalah pengambilan sampel dengan cara memberikan kesempatan kepada setiap individu untuk menjadi anggota sampel.
b).       Cara ordinal adalah cara pengambilan sampel dengan cara kelipatan dari sampel sebelumnya, misalkan kelipatan dua, kelipatan tiga, dan seterusnya
c).       Cara randomisasi adalah pengambilan sampling melalui tabel bilangan random.
2)      Non random sampling
Non random sampling adalah cara pengambilan sampel yang tidak semua  angota populasi di beri kesempatan untuk di pilih sebagai sampel. Cara pengambilan non random sampling ada beberapa macam :
a).       Proporsional sampling adalah pengambilan sampel yang memperhatikan pertimbangan unsur-unsur atau kategori dalam populasi penelitian.
b).       Statisfied sampling adalah cara pengambilan sampel dari populasi yang terdiri dari strata yang mempunyai susunan bertingkat
c).       Proporsive sampling adalah cara pengambilan sampel dengan menetapkan ciri yang sesuai dengan tujuan
d).      Quota sampling adalah ruang dan tempat belajar baik yang tersedeia dirumah maupun dikampus
e).       Double sampling atau sampling kembar sering digunakan dalam research dan penelitian yang menggunakan angket lewat usaha menampung mereka dan mengembalikan dalam angket.
f).        Area probability sampling adalah cara pengambilan sampel yang menunjukkan cara tertentu atau bagian sampel yang memiliki ciri-ciri populasi.
g).       Cluster sampling adalah cara pengambilan sampel yang berdasarkan pada cluster-cluster tertentu
h).       Combinet adalah gabungan antara beberapa sampling dalam teknik random sampling dan teknik non random sanpling di atas sehingga menyaipkan tampilan komunikasi
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan sampel random sampling, karena  pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam anggota populasi, sehingga masing-masing siswa memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi anggota sampel penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wes wong piro